Tips Membeli Rumah Idaman

Tips Membeli Rumah - Membeli rumah memang menjadi impian setiap orang. Rumah juga bisa dijadikan investasi alternatif, karena harga yang akan semakin mahal.

Sebelum Anda membeli rumah, Anda harus teliti dan berhati-hati. Selain harus mengeluarkan uang yang cukup besar, membeli rumah juga merupakan hal yang cukup menyulitkan.

Namun jika Anda membeli rumah dengan bantuan broker/ perantara, Anda akan sangat terbantu. Salah satu broker properti yang terpercaya adalah Century 21 broker properti jual beli sewa rumah indonesia.

Rumah

Berikut tips sebelum membeli rumah

1. Menentukan Bagaimana Cara Membeli Rumah

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan cara membeli, dengan kredit atau cash. Jika Anda memilih untuk kredit, Anda harus pastikan Bank yang akan Anda tanda tanganni KPR ( Kredit Kepemilikan Rumah ) dan tanyakan regulasi yang di tawarkan bank tersebut, juga cara pembayarannya.

Jika Anda memilih Cash, ini mungkin akan jauh lebih mudah dalam hal administrasi


2. Siapkan Uang DP dan Pelajari sistem pembayaran.

Konsultasikan mengenai DP yang harus Anda bayar kepada pihak pengembang dan agen properti Anda, juga kepada pihak bank terkait.

Tanyakan apakah ada penyesuaian harga kredit dengan fluktuasinya suku bunga, sistem membayarnya seperti apa, atau apakah dalam jangka waktu tertentu kredit hunian harus sudah selesai.


3. Pelajari dan Perhatikan sistem sertifikasi.

Hal ini juga perlu Anda perhatikan. Beberapa pengembang tidak memberikan sertifikat hak milik (SHM) ketika kontrak rumah ditandatangani, bisa saja sertifikat yang diberikan adalah sertifikat hak guna bangunan (HGB).

Tanyakan bagaimana sistem alih sertifikasi yang berlaku pada pengembang, dan bagaimana kaitannya dengan bank. Jika Anda menyewa agen properti, pastikan agar selalu berkonsultasi mengenai legalitas properti Anda.


4. Lakukan riset tentang rumah yang hendak di beli

Dalam menentukan sebuah rumah memang akan merumitkan Anda, maka dari itu Anda harus dengan teliti. Silahkan tentukan kriteria rumah yang Anda inginkan.

Setelah Anda sudah menentukan hal tersebut, baru kunjungi perumahan atau apartemen yang telah Anda pilih sebelumnya.


5. Tawar menawar.

Tawar menawar memang perlu Anda lakukan, Anda tidak perlu malu untuk menanyakan itu.


6. Teratur dalam membayar KPR.

Jika Anda sudah sepakat membeli sebuah rumah kepada pengembang, agen properti atau bank dengan cara kredit, Anda harus teratur dalam membanyar KPR setiap bulannya.

Anda harus membiasakan untuk membayar pada waktu yang telah di tentukan, jangan sekali-kali Anda telat atau molor dalam membayar cicilan.


Semoga tips di atas membantu dalam membeli rumah idaman Anda.

Related

Hiburan 1700667588318530248

Posting Komentar

  1. klo lewat KPR lebih mudah ga proses pembelian rumahnya??

    BalasHapus
  2. ¤ Tips yang sangat menarik sekali untuk para Calon Pembeli Rumah ¤
    ¤ Salam dari Kami ¤

    BalasHapus
  3. thanks atas tips membeli rumah idamannya pak,ini sangat membantu sekali

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent Post

Comments

Connect Us

Idterbaru.com merupakan situs untuk berbagi tentang hiburan serta menyajikan informasi terkini dan hal menarik di internet.
item